MENYUSURI JEJAK SANG “MACAN KEMAYORAN”

02:39
Siapa Sebenernya Macan Kemayoran !!!
MENYUSURI JEJAK SANG “MACAN KEMAYORAN”
Murtado “Macan Kemayoran”

Macan Kemayoran sekarang ini lebih dikenal sebagai PERSIJA, JAK Mania atau Salah satu Organisasi yang ada di Jakarta. bahkan anak sekolah sekarang pun banyak yang tidak tahu kalau “Macan Kemayoran” adalah julukan seorang Murtado pemuda kemayoran yang terkenal dalam “maen pukulan”. Sungguh ironi bagi masyarakat kemayoran yang seharusnya tahu cerita rakyat di wilayahnya.
Saya teringat ucapan seorang Jenderal Purnawirawan (Almarhum), sewaktu ikut mengantar bantuan logistik untuk gempa Jogya tahun 2006, beliau mengatakan “hanya Kemayoran yang punya Macan”. Memang benar adanya karena Macan Kemayoran nyata dan menjadi pahlawan tanpa tanda jasa bagi mayarakat kemayoran pada jamannya. Kepopuleran julukan macan memang sudah ada di Betawi sejak dulu, ini adalah simbol identitas seseorang atau kelompok yang menunjukkan kepandaian atau kekuatan. Dari golongan ulama ada Guru Mughni yang di juluki “Kiai Macan Betawi”

Si Ronda Jawara yang berjuluk “Macan Betawi” ; juga Tan Liong Houw atau Latief Harris Tanoto, pesepakbola nasional yang terkenal tahun 1950-an yang bermain untuk klub sepakbola Persatuan Sepakbola Indonesia Jakarta (Persija) diberi julukan pendukungnya “Macan Betawi” dan Persija pun memiliki julukkan “Macan Kemayoran”. Tapi kepopuleran macan di kemayoran bahkan seantero betawi tak mampu bersaing dengan elang bondol dan salak condet yang merupakan hewan dan buah khas betawi yang di jadikan simbol Jakarta.
Lalu, kalau memang benar adanya Murtado “Macan Kemayoran”, siapa dandimana sekarang keturunannya? Media kemayoran pun mencari dan menyusuri jejak peninggalan atau para keturunan keluarga dari sang Macan Kemayoran ini. Setelah kesana-kemari, penyusuran pun berakhir di daerah Pasar Nangka tepatnya di dalam gang kecil di RW.010 Kelurahan Kebon Kosong.
Disinilah rumah tinggal dari keturunan Murtado “Macan Kemayoran”. Ikhwan Murtado atau lebih dikenal dengan bang Iwan Cepi Murtado si pemilik rumah, beliau adalah anak ke lima (bontot) dari ma’Siti istri ke 13 Murtado. Lahir di Kemayoran 70 tahun silam tepatnya 23 April 1942. Pria 3 anak dan 1 istri yang lebih pantas di panggil babe ini masih terlihat gagah dalam usianya yang sudah sepuh. Selain darah jawara yang mengalir dari orang tuanya, babe Iwan Cepi ini mantan prajurit angkatan darat pada tahun 1964 dan berdinas di Malang Jawa Timur dengan pangkat terakhir prajurit satu. Sekarang ini aktif di kegiatan sosial dan sebagai salah satu pendiri Lembaga Macan Kemayoran.

Bang Iwan Cepi Murtado saat syuting “Kampung Kemayoran”
Berikut perbincangan dengan bang Iwan Cepi Murtado.
bang Iwan, siapa dan dimana tinggalnya Murtado “Macan Kemayoran”?

“Murtado tuh babe ane, babe seorang pemude kampung nyang dikenal alim dan kagak sombong. Pergaulannye ampe kemane aje dan selalu menghormati ame nyang tua-an. Waktuntu rumenye ade di tenge kampung. kalo sekarang kire-kire di samping Polsek Kemayoran (nyang udeh jadi rumah makan). Babe di juluki macan kemayoran ame penduduk kampung, dimane waktu ntu kampung kemayoran di pegang/di kuasai ame mandor Bacankaki tangan bek Lihun ( Bek Lihun dan Mandor Bacan adalah Kaki tangan Kompeni Belanda). Sepak terjang ni orang bedua, selalu bikin resah penduduk kampung. Tukang meres penduduk, bawa lari anak perawan, meminta pakse hasil panen dan laen-laen. Nyang jelas penduduk kagak ade nyang demen ame bek Lihun dan mandor bacan. Bek lihun terkenal sebagai seorang jawara nyang gak ade tandingannye. Semua jawara yang ade di kemayoran maupun dari luar kemayoran kagak ade nyang sanggup ngejatohin die. Emang pada waktu itu kemayoran dikenal banyak nyang jago maen pukulan. Nah cuman pemuda Murtado lah nyang mampu ngejatohin sang jawara bek lihun. Kejadiannya waktu pemuda Murtado menolong anak perawan nyang di “godain” ame mandor bacan. Sejurus dua jurus mandor bacan berhasil di taklukan dan dibuat lari kebirit-birit. Mandor bacan pun melaporkan kejadian yang menimpanya ke Bek Lihun. Mandor bacan pun balik lagi mencari Pemuda Murtado bersama bek lihun. Terjadilah perkelahian antara murtado dan bek lihun yang di tonton sama penduduk kampung kemayoran. Bek lihun pun berhasil di jatuhkan ame murtado, nah semenjak itulah babe ane di juluki Macan Kemayoran.
”bang, emang bener babe Murtado istrinya ada 13?
“sebenernye sih bukan istrinye ade 13 orang, tapi babe pernah kimpoi ampe 13 kali. Nah ane anak kelime dari bini babe nyang ketigebelas. Sodare kandung ane udeh pade kagak ade semue
”Kalo babe murtado lahir taon berape bang?
“Wah kalu ntu ane gak tau pastinye, ente itung aje sendiri. Babe ane meninggal taon 1959 di rumah salah satu abang ane di daerah kebon sirih. Di kubur di utan panjang, nah waktu tuh kuburan di gusur, di pindahin di karet. Babe meninggal pada umur 90 taon. Nah ente itung deh kapan lahirnye.
”Jadi babe lahir taon 1869?
“Kalo ente ngitungnye udeh bener, ye segitu. Karena babe ane hidup di jamannya si pitung. Pitung kalo mo ke depok musti lewatin kemayoran, die dateng dari arah muara ( skarang suntermuara). Kalo si pitung kan terkenal jawara pesisir asal rawabelong.
”Maen pukulan babe ame si pitung samagak?
“Wah gak tau ane, Kalo babe beguru nyedi daerah condet. Guru Sandang namenye
”Abang bangga jadi anak babe murtado?
“Ye udeh jelas bangga dong….., babe tuh menurut ane pahlawan kampung kemayoran. babe selalu membela penduduk dari ancaman kaki tangan kompeni. Ini di buktikan dengan di terbitkannya buku cerita rakyat pada tahun 1982 oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
”Bang, kenapa anak sekarang mengenal Macan Kemayoran bukan sebagai sosok Murtado melainkan julukan Klub Sepakbola Persija Jakarta?
“Persija lapangan bolanye dulu emang di Kemayoran, mangkanye julukannye Macan Kemayoran. tapi gak tau kenape trus di pindain ke Menteng. Kalo anak sekarang gak tahu siape sosok Macan Kemayoran nyang menjadi julukan Persija ye…. gak bisa di salahin juga, bisa jadi emang kagak ade nyang kasih tau atau emang gak mau tau. Anak sekarang kan jarang nyang mo tahu sejarah, cerita asal-usul kampungnye, siape pelaku sejarah dan lain-lain. mungkin di sekolahnye gak di ceritain kali, ame guru sejarahnye, buku ceritenye aje taon 82, tau deh sekarang ade ape kagak. kalo ane setuju tuh ape kate Bung Karno “JAS MERAH” jangan sekali-kali melupakan sejarah.
Karena waktu yang sudah menjelang magrib, kami akhiri perbincangan dengan bang Iwan Cepi Murtado sampai disini. Beliau berpesan kepada kami
“ tolong lestarikan sejarah dan budaya Betawi di Kemayoran”.

Sumber: kaskus

Artikel Terkait

Previous
Next Post »