SAPTAWARA

08:56
SAPTAWARA
Saat mengumpulkan data untuk menggali cerita, saya tertarik dengan kisah dari salah satu narasumber, seorang mantan kepala desa di wilayah kecamatan Gubug.
Beliau bercerita, saat awal menjabat kepala desa, beliau menghadapi problem yang membuatnya hampir putus asa, hingga beliau pun sering melamun. Suatu malam, dalam keadaan pikiran kalut, beliau keluar rumah, berdiri di depan rumahnya. Dalam perasaan dibawah alam sadar, beliau ditemui seorang nenek yang kemudian memberinya banyak nasehat dan pesan. Saya tertarik pada salah satu pesannya yang berhubungan dengan nama hari.
nenek tersebut berpesan " yen kepingin nemoni aku ning dino SO..."
belum sampai selesai berbicara, nenek tersebut hilang lenyap. Sontak narasumber terperanjat dan masih dalam posisi berdiri beliau baru menyadari jika dirinya baru saja masuk dimensi lain. Hingga kini narasumber belum bisa mengungkap hari yang dimaksud.
Terlepas dari benar atau tidaknya penuturan narasumber, saya pun tertarik untuk mencari tahu nama hari SO yang dimaksud.

Dalam budaya Jawa kuno dikenal istilah SAPTAWARA.
Saptawara adalah nama dari sebuah pekan atau minggu yang terdiri dari 7 hari. Nama hari-harinya adalah: Raditya – Soma – Anggara – Budha – Wrespati – Sukra – Saniscara/Tumpek.

Kemungkinan besar yang dimaksud SO dalam kisah narasumber adalah Soma yaitu hari Senin.
Diyakini nenek yang menemuinya adalah danyang/pendiri desa tersebut..
Wallahua'lam..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »